Cara Membangun Studio Rekaman

Keajaiban studio rekaman sering kali membingungkan bahkan profesional paling berpengalaman sekalipun. Dengan semua kenop, tombol dan tombol pada berbagai peralatan dan konsol format besar, tidak heran kebingungan terjadi pada kebanyakan non-teknisi. Banyak orang, terutama seniman, komposer, produser, dan insinyur, akhirnya akan menyusun studio mereka sendiri untuk menulis dan pra-produksi, beberapa di antaranya akhirnya memutuskan untuk terjun dan membuat kompleks rekaman lengkap yang mampu merekam mayor. album. Artikel ini akan mencoba menjelaskan pertimbangan yang perlu dipertimbangkan saat membuat studio, entah itu studio rumah kecil atau studio rekaman profesional.

Apakah ukuran itu penting? Beberapa mungkin mengatakan begitu tapi ini tidak selalu terjadi. Dimensi studio sangat penting. Sebuah ruangan yang terlalu besar mungkin menjadi terlalu reverberant atau penuh dengan gema yang tidak diinginkan. Ruangan yang terlalu kecil mungkin terdengar kencang dan tidak alami. Penting agar ukuran ruangan dan suara kamar sesuai dengan jenis musik yang Anda rekam. Anda tidak ingin masuk ke ruangan sempit yang sangat kecil untuk merekam drum rock BESAR. Meski, suara ruangan besar bisa diraih dengan menambahkan efek reverb eksternal untuk mensimulasikan ruangan di lain waktu bila diperlukan.

Cara terbaik adalah menemukan ruangan yang sesuai dengan suara yang ingin Anda capai dari awal proses perekaman. Semakin kecil ruangan, makin kecil dan semakin kencang suaranya; ini belum tentu hal yang buruk. Kamar kecil yang ketat bisa bagus untuk vokal, gitar dan perkusi jika Anda ingin suara bersih yang ketat. Kamar yang lebih besar memiliki lebih banyak udara untuk suara masuk, jadi nyatanya lebih besar suara yang lebih terbuka. Suara memiliki waktu tempuh yang lebih lama agar gelombang suara bergerak, oleh karena itu pantulan dari dinding akan memakan waktu lebih lama untuk bangkit kembali dengan menciptakan suara yang lebih luas. Keputusan ukuran dan suara harus dilakukan sejak dini sebelum rekaman dimulai. Satu keuntungan yang dimiliki ruang yang lebih besar adalah kemampuan untuk diperkecil dengan menutup ruangan menggunakan baffle modular atau gobos (pergi betweens). Gobos adalah struktur yang merupakan partisi, yang membantu untuk memblokir suara dengan menempatkan mereka di antara musisi, instrumen, dan mikrofon. Menempatkan gobo di sekitar mikrofon pada jarak dekat akan membantu ruangan besar dengan suasana terlalu banyak terdengar lebih kecil. Ini akan menghilangkan refleksi yang keluar dari dinding yang jauh.

Kamar kecil bisa menghasilkan suara kencang yang besar dengan tidak adanya peluruhan dari reverb yang disebabkan oleh ruangan besar. Terkadang ruangan besar bisa terdengar seperti dicuci bersih, atau jauh sekali. Dengan seorang insinyur yang baik setiap ruangan bisa terdengar menakjubkan dengan sedikit penyesuaian. Ruang yang terdengar buruk dapat dimanipulasi agar terdengar bagus, meski membutuhkan lebih banyak waktu dan kerja. Memutuskan ukuran ruangan yang tepat untuk kebutuhan Anda sangat penting untuk suara yang diproduksi ulang. Ini akan sangat menentukan jenis suara yang akan diambil mikrofon.

Menepuk tangan di ruangan bisa memberi representasi yang baik tentang ruangan yang akan terdengar. Refleksi yang keluar dari dinding akan diangkat oleh tepuk tangan sederhana. Tes sebenarnya adalah mencoba beberapa instrumen atau vokal dan memposisikannya di berbagai bagian ruangan hingga mencapai kualitas suara yang optimal. Jika salah satu sisi ruangan terdengar buruk cobalah tempat yang berbeda atau bergerak ke sudut sampai suara membaik.

Baca juga: tempat wisata di bandung

Bereksperimen dengan berbagai bagian ruangan juga membuat suara tetap segar saat merekam banyak instrumen. Jika gitar akustik direkam di tengah ruangan, ketika tiba saatnya untuk merekam gitar listrik Anda dapat mencoba merekamnya di sudut ruangan untuk suara ruangan yang berbeda. Hal ini memberi kejelasan pada campuran akhir yang menciptakan perpisahan dan memberikan lebih banyak perbedaan pada berbagai suara.

Jika Anda memulai studio Anda sendiri, ingatlah bahwa semakin besar jumlah tagihan yang akan ada di studio. Manfaatnya adalah studio yang lebih besar dapat mengenakan biaya lebih untuk tarif studio mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s